Posted in Bahasa

Dostoyevski bicara sakit gigi

Kemarin, gigi belakangku numbuh. Sakit banget dan aku diem-diem aja makan bubur seharian, ngga bisa tidur pula. Tiba-tiba inget seorang sahabat yang suka banget dengan bagian “sakit gigi” dalam “Catatan dari Bawah Tanah”-nya Dostoyevski. Terus terang aku lupa bagian tersebut. Maklum, aku baca buku ini waktu SMA, udah lama banget. Si pencerita dalam buku ini tuh semacam orang “gila” yang sedang ngomyang. Buku ini memberikan kesan yang dalem dan menarik. Aku suka emosinya … dan “gila”-nya. Dia juga bikin aku berpikir tentang hal-hal yang belum pernah aku pikirin, dan berpikir dengan cara-cara yang belum pernah aku pakai. I ❤ Dostoyevski, juga Chekov.

Nah, untuk merayakan tumbuhnya gigi belakangku, buku kecil nan tipis ini ini kembali kubuka. Ketemu nih cerita sakit gigi Dostoyevski di "Catatan dari Bawah Tanah", ditulis pada 1864:

Continue reading “Dostoyevski bicara sakit gigi”