Mobile Blogging

pasar loak

Kayaknya aku harus belajar mobile blogging deh … Belajar untuk tidak memanjakan jari dan mood. Berlatih agar lincah ngeblog di mana pun dan kapan pun, dalam kondisi apapun. Karena … waktu cepat sekali berlalu.

Seperti sekarang, aku sedang di dalam Transjogja, mode transportasi umum yang rutenya panjang sekali, berputar-putar dan makan waktu paling cepat satu jam perjalanan. Ketika penumpang cukup sepi, seharusnya aku menyempatkan diri ngeblog. Awalnya pusing sih, tapi itu karena belum biasa aja. Sayang sekali kan kalau mantra “tidak sempat” membuat makhluk-makhluk luar angkasa yang bersemayam di dalam batin dan pikiranku menguap menjadi angin.

***

Aku mengedarkan pandangan. Diam-diam beberapa hal selalu membuatku penasaran. Misalnya, seperti apa rasanya berjalan-jalan di dalam otak petugas pintu Transjogja?

Mereka selalu ditanya berbagai rute oleh penumpang, mengulang-ulang mengumumkan rute yang sama di masing-masing halte. Mereka hafal semua jalur Transjogja sebagaimana mereka hafal kalimat “perhatikan barang bawaan Anda, kami mengucapkan selamat jalan ….” Seperti apa rasanya berada di dalam jalur informasi otak mereka, sanggupkah aku menitinya? Sebagai penumpang, sekian lama aku tak jua hafal jalur-jalur panjang, rumit nan berputar-putar itu.

Aku juga selalu bertanya tentang harum yang beberapa menit sekali menyapa hidung penumpang di dalam Transjogja. Sepertinya aku kenal dengan wangi itu. Aromanya mengingatkanku pada bedak talk Johnson and Johnson. Mungkin bedak bayi wangi Blossom, atau bedak remaja Shower to Shower warna pink. Misteri ini belum terpecahkan sampai sekarang. Yang jelas aku menikmati wangi itu, sejenak melupakan rasa pengap dari AC yang seringkali terlalu dingin.

Diam-diam aku sering memikirkan hal-hal remeh itu, diiringi alunan musik dalam kepalaku. Barangkali orang-orang menyangka aku sedang asyik melamun … sebenarnya aku kedinginan dan sedang berusaha memanaskan otak agar hangatnya menjalar ke seluruh tubuhku. 🙂

8 thoughts on “Mobile Blogging

Share your thoughts

