masjid yang dirancang perempuan ….

faith. keyakinan. meski aku skeptis dengan hal itu, tak diragukan lagi faith atau keyakinan memiliki kekuatan besar yang mampu menggerakkan orang-orang untuk melakukan sesuatu.

seringkali aku merasa takjub dan speechless melihat bangunan-bangunan yang sangat indah di dunia. sebagian besar adalah kuil pemujaan, mungkin sekarang disebut “tempat ibadah”. tentu dibutuhkan inspirasi, kerinduan, ketajaman pikir, keteguhan, kerjasama, dan entah apa lagi untuk menyelesaikan proses pembangunan itu sampai ke detail yang paling kecil. aku tak tau tentang ibadah, spiritualitas atau sejenisnya. yang aku tahu, saat melihat bangunan-bangunan indah itu aku merasakan spirit pemujaan yang luar biasa mendalam, disertai sedikit pertunjukan “gengsi”. nuansanya seperti … mencoba meraih yang tak berbatas, dan … membuatku merasa sangat kecil dan terperangah ….

ni, lihat deh foto masjid sakirin di turki.

mihrab dan mimbar

konon ini adalah masjid pertama yang dirancang oleh perempuan. masjid ini dibangun karena kurangnya perhatian terhadap ruang perempuan di sebagian besar masjid di negeri sekuler ini. semua keindahan dan kelapangan hanya diperuntukkan bagi pemuja berjenis kelamin laki-laki. sementara, perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil ditempatkan di sudut ruang yang pengap dan terpencil.

pembangunan masjid ini diinisiasi dan didanai oleh keluarga sakir yang makmur dan kaya raya. mereka mencari perancang masjid melalui skema komisi (semacam seleksi portfolio). pemenangnya adalah seorang perempuan yang dikenal sebagai salah satu pesohor kalangan jet set turki. namanya zeynef fadillioglu. ia adalah spesialis perancang restoran mewah, butik2 di hotel, dan rumah-rumah orang superkaya. pada masjid sakirin ini, ia memberikan sentuhan ornamentasi yang hening dan indah, serta ruangan yang luas bagi perempuan untuk beribadah. konsepnya sama seperti masjid ugm di mana ruang ibadah perempuan terletak di lantai 2.

"Allah's light should fall on you like rain ...."

lampu utama di masjid ini adalah plexiglass-chandelier berbentuk tetesan hujan. filosofinya adalah, sebagaimana dikatakan zeynef mengutip doa orang muslim, “Allah’s light should fall on you like rain….

selain itu, fasade kaca dan besi yang menjadi lapisan dinding masjid ini adalah buatan tangan, berupa ukiran ayat-ayat al quran. buset, niat banget sich ya? menurut zeynef, ini untuk memperkuat kedekatan antara pemuja dengan tuhannya, agar kekhusyukan terasa semakin intens….

well, bagaimana dengan kalian? apa yang kalian puja dan seperti apa kuil pemujaan kalian? kayak gimana dan seperti apa rasanya ritual pemujaan kalian? bagi2 cerita yaaa

sumber gambar: fastcompany

Advertisements

12 thoughts on “masjid yang dirancang perempuan ….

  1. waaaww…sungguh memukau masjid itu…jd pengen bgt ksana.kalo tempat sakralku bwt kontempelasi biasanya di kamar mandi..hihi…ohya, salam kenal ya mba nadya…:) what’s a nice blog..

  2. Tempat pemujaan terbaik yang penah saya singgahi: Lapangan Renon, Bali. Di bawah langit, menghadap matahari yang terbenam, saya shalat maghrib.

    Sebenarnya itu jenis tempat “apa-boleh-buat” yang saya pakai karena jadwal dan tempat kerja tidak memungkinkan untuk mencari tempat shalat yang nyaman.

    ..eh, ternyata menyenangkan πŸ™‚

Share your thoughts

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s