tentang toefl ibt

pengen ngelamar beasiswa studi? atau ngelamar kerjaan? butuh skor toefl? simak info berikut (cieeehhh)

pertama, cari informasi tentang skor toefl apa yang kamu butuhkan. liat baik2 persyaratan dari tempat kamu akan melamar, apakah mereka membutuhkan skor toefl itp (atau toefl institusional) ataukah skor toefl internasional (ini yang berlaku internasional, ya iyalaaaah).

kalau yang kamu perlukan adalah skor toefl itp, kamu bisa hubungi lembaga2 pelatihan bahasa inggris swasta atau pusat pelatihan bahasa asing di universitas-universitas. biasanya mereka menyelenggarakan tes toefl itp ini tiap bulan. persiapkan biaya rp 250 ribuan (kira2 /rata2 segitu).

biasanya, mereka yang mensyaratkan skor toefl itp mau menerima skor toefl internasional. namun, tidak demikian sebaliknya. di mata mereka yang mensyaratkan skor toefl internasional, skor toefl itp tidak berlaku/tidak dianggap/tidak bisa dipakai.

bila kamu membutuhkan skor toefl internasional, ada tiga jenis, yakni paper-based test (pbt, ngisi jawaban di kertas), computer-based test (cbt, ngisi jawaban langsung di komputer), dan internet-based test (ibt, ngisi jawaban langsung di komputer dan konek ke internet). sekarang ini, di indonesia, satu-satunya yang menyelenggarakan toefl paper-based test hanya papua. sementara, di propinsi lain, tes toefl yang diselenggarakan sudah beralih ke toefl internet-based test alias toefl ibt.

toefl berbeda dengan ielts. ielts ini mirip dengan toefl aja koq sebenernya, tes basa inggris juga. ielts cenderung british-english sedangkan toefl cenderung american-english. kadang negara australia atau program beasiswa tertentu cenderung mensyaratkan skor ielts ini. jarang sih yang cuma mau nerima ielts dan ga menerima toefl. biasanya, mereka mau menerima baik ielts maupun toefl internasional, dengan standar nilai yang disetarakan, misal: "toefl ibt 80 atau ielts 6,5". seperti apa detail-detail soal ielts (misal: satu soal writing-nya adalah berdasarkan grafik), aku ga tau, jadi silakan cari info. yang aku tau cuma … biaya tes ielts lebih mahal 25 dolar dibanding toefl internasional.

cara pembayaran antara kedua tes ini pun berbeda. setahuku, kalo di yogyakarta, lembaga yang bisa menerima pembayaran untuk tes toefl internasional secara tunai hanya "real english" yang beralamat di kotabaru dan jl. tentara pelajar. sedangkan, ielts bisa dibayar tunai di "cilacs uii", idp, dan di macam2 lembaga pelatihan bahasa inggris swasta. biaya tes toefl internasional tuh udah standar di seluruh dunia, sebesar 150 dolar. khusus untuk toefl, pendaftaran selain melalui real english hanya bisa dilakukan secara online (alamat website-nya cari dari google aja yah, males nih πŸ˜› ), dan pembayarannya memakai kartu kredit. ini bikin susah makhluk2 tuna-kartu kredit kayak aku ini, ya kan? …. atas "jasa" real english yang bersedia menerima pembayaran tunai dan menguruskan semua proses pendaftaran online toefl-ibt, real english memberlakukan tarif tambahan rp25ribu.

tentang waktu tes, kamu bisa memilih satu tanggal dari tanggal-tanggal penyelenggaraan tes itu. liat aja daftar tanggal2nya di website "ets" alias penyelenggara toefl ibt. di indonesia, dalam masing2 bulan, tes digelar beberapa kali koq.

sebelum hari h tes, sebaiknya kamu berlatih. sama seperti sipenmaru atau umptn atau spmb, "try-out" lah istilah kerennya. semakin sering try-out, kamu semakin terbiasa dan siap. kamu jadi bisa mengukur di mana titik lemah kamu dalam tes toefl ini, mana yang perlu kamu latih lagi, dll. try-out bisa kamu lakukan lewat website-nya, klik "practice test online", ntar ada mini test, mirip dengan tes beneran tapi jumlah soalnya lebih sedikit. tapi, untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini kamu harus login, so … hanya mereka yang udah daftar tes toefl (alias bayar 150 dolar) yang bisa mencoba2 mini test online ini. kalo kamu belum daftar, alternatifnya adalah pinjam atau beli buku tentang toefl ibt. cari yang ada cd interaktifnya, itu cd latihan soal2 dan simulasi. lalap tu buku plus latih semua tips di dalamnya sampe kamu ngerasa fasih dan mantabbb.

persiapan lain yang perlu dilakukan beberapa hari sebelum hari h adalah cek lokasi. cari dan pastikan tempatnya, liat ruangannya juga. selain itu juga bersihkan telinga dari kotoran2, cek pendengaran agar tidak ada kendala saat listening section.

lalu, pas hari h, sebaiknya sebelum tes kamu sarapan dan buang air dulu. usahakan kamu udah sampai di tempat tes paling enggak 15 menit sebelum tes dimulai, untuk cek2 di meja pendaftaran. kalau bisa jangan ada yang mengurangi kenyamanan. pakailah baju dan sepatu yang nyaman, mandilah terlebih dahulu bila merasa tubuh lebih nyaman setelah mandi, bawalah tisu kalo kamu sedang flu pas ujian, kalau kamu cukup religius berdoalah sebelum mengerjakan soal-soal, dll. jangan lupa bawa kartu identitas diri. (ktp, sim, atau kartu pelajar; panitia akan memintamu menunjukkan salah satu). tas dititipkan,  jaket boleh dipakai. kertas corat-coret serta pensil sudah disediakan (kalo mau corat-coret). selanjutnya, selamat mengerjakan tes, selamat memencet2 mouse setelah mengarahkan cursor pada jawaban yang kamu anggap benar.

tes ini terdiri dari empat bagian, yaitu (secara berurutan) reading/membaca, listening/mendengarkan, speaking/berbicara dan writing/menulis. durasi tes selama 4 jam. di antara listening section dan speaking section ada jeda 10 menit untuk beristirahat dan ke kamar mandi.

bacaan untuk soal reading section ada 3 sampe 5, dan untuk masing2 bacaan ada 12-14 pertanyaan. bacalah soal dan pertanyaan secara teliti, ocree?

trus, soal listening section terdiri dari 4 lecture/ penggalan "kuliah"/penjelasan dosen, dan 2 percakapan. pas listening section ini, pasang kuping baik2 yach? hehe. untuk masing2 lecture ada 6 pertanyaan, sedangkan untuk masing2 percakapan ada 5 pertanyaan.

trus, speaking section ada 6 pertanyaan, terdiri dari 2 soal independent speaking task alias "speaking about familiar things" (misalnya tempat tinggal dan hobi) dan 4 soal integrated speaking task yang terdiri dari 2 soal "relating narrator and passage on screen" (kamu harus bicara dengan kata2mu sendiri tentang pendapat si narator terhadap paragraf di komputer. ingat, bukan pendapat kamu sendiri lhoch … tenang aja, suara narator muncul setelah habis waktu untuk membaca paragraf, biar kita ga bingung terpecah konsentrasi hhehe he …) dan 2 soal "summarizing conversation", alias menjawab pertanyaan pake kata2 kamu sendiri berdasarkan percakapan/lecture yang diperdengarkan. dua soal speaking terakhir ini ga pake tulisan /paragraf yang muncul di layar lagi koq.

terakhir adalah writing section, terdiri dari 2 soal yaitu independent writing task dan integrated writing task. pertama, integrated writing task. kamu harus menuliskan kembali pendapat narator terhadap bacaan. ada waktu tersendiri untuk membaca, setelah itu mendengarkan narator dan corat-coret poin2 penting di kertas, dan ketika narator usai, bacaan tadi muncul lagi di layar. kamu mengetikkan jawabanmu di bidang kosong sebelah bacaan, kira2 150-225 kata aja (ada penghitung kata di pojok). soal writing kedua adalah independent writing task, alias, kamu menulis tentang tema yang diajukan, kira2 250-300 kata.

setelah tes usai, kamu butuh waktu 15 hari kerja untuk mendapatkan hasilnya secara online. namun ada orang2 tertentu yang nilainya udah keluar sebelum 15 hari kerja. so, sebaiknya sering2 login ke website ets deh kalo penasaran. klik view test score. skor fisik alias dalam bentuk kertas biasanya tiba 2 minggu setelah itu, dikirim ke alamatmu. kalo belum datang2, kamu bisa telpon ets. so, ketika mendaftar tes tuliskanlah alamatmu secermat mungkin. skor maksimal untuk masing2 bagian adalah 30, jadi skor total maksimal tuch 120.

segitu aja deh, met ikut tes n semoga sukses …. toefl ibt ga sesukar yang diduga koq, benerrrrr. apalagi kalo kamu udah cukup akrab dengan bahasa inggris. menurutku, ga terlalu banyak soal jebakan seperti simulasi toefl paper-based test. so, kuatkan tekadmu n tabunglah uangmu untuk mendaftar tes toefl dan mendapatkan skor yang kamu butuhkan, demi memenuhi persyaratan lamaran yang kamu ajukan …. settttt dah bahasaku wekszzz πŸ˜›

Read and post comments

|

Send to a friend

Advertisements

Author: nadya

on-going tensions between ready-made values and uncharted territory

9 thoughts

  1. heheh no problemo … yo mesthi dhuwur kowe laaaah, aku yaqin itu ^^hmmm … ya selangkah demi selangkah laaah yo ra? kemaren aku menyiksa diri dengan mencari gambar2 sorbonne … orang2 yang kuliah di sana tu tau enggak sih kalo mereka belajar di dalam istanaaaa?!

  2. hehehehehe, pantesan kok gambar-gambar di samping terasa familier banget..love is a sweet torment yo Nad ^^Dah baca buku keempat? Bagian awal, waktu final test, aku suka banged.Semua semua mimpi menjadi nyata, amin..

  3. ow … sudah donk, tamat dalam 3,5 jam hehehehe ….. yaa tapi aku kecewa koq cuman dikit cerita tentang *itu* … oh oh ohsweet torment … hmmmmm

  4. Bijimu ki maut tenan Nad. Heybat kowe! sampai aku heboh di tukang potokopi."temenku bijine tufel apik banget mas.""Pacar ya mbak?" kata mas-mas tukang poto kopi Prima yang depan mirota itu lho."cewek mas."Masnya itu ketawa manggut-manggut.

  5. bilang aja, "bukan mas, suamike …" sakjane di antara kita tu siapa yang jadi suami siapa yang jadi istri sih,, hehe koq lali ^^. thx lhoooccchhh, hmmm… coba deh kalo aku pinter nulis kayak kamu, pasti lebih bermanfaatz huhuhuhu …..

Share your thoughts

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s