Sekelumit tentang Ayat of the Day

Question of the Day kan udah ada tuh. Nah, seru juga kali ya kalo diadain Ayat of the Day? Ngomong-ngomong bahasa Inggrisnya ayat apa sih hehehe?

~~~

Ramadhan hari #1
Pagi ini seusai sahur, kami menonton acara televisi. Entah apa judulnya, entah apa pula stasiunnya. Yang jelas ini acara lomba bercerita anak-anak. Kami hanya menonton satu peserta, namanya Ilham. Sebagai pencerita cilik, ia benar-benar memukau. Aku akui itu. Kedua juri pun terkesima menyaksikan penampilannya. Selesai ia menutup cerita, pembawa acara bertanya bagaimana perasaannya saat itu. Dengan singkat ia menjawab, “Alhamdulillaah, bisa bercerita dengan lancar dan lantang.”

Sebenarnya kisah yang ia bawakan tak bisa dibilang baru. Mungkin kita yang sudah tua ini kerap mendengarnya, yakni tentang burung dan cacing.

Ibu burung hidup bersama anaknya. Setiap hari ia terbang mencari makanan. Kadang-kadang berkelimpahan, kenyang perutnya dan ananda mungil pun mendapat bagian. Kadang-kadang tidak ada sama sekali, penat tubuhnya namun tak sekali pun melupa: sabar dan syukur jadi bingkisan tanda mata. Pada sang anak ia bertutur, “Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu.” Syahdan, burung-burung pun tegar. Tak pernah ada cerita kaum burung hendak bunuh diri, dengan cara sengaja membentur-benturkan kepalanya ke tembok, misalnya. Sungguh, kita yang dinamakan manusia ini perlu belajar dari mereka.

Tentang cacing pun tak jauh berbeda. Dalam segala keterbatasan tubuhnya, cacing tak pernah berputus asa. Hmmm….

Sebagai mantan pencerita cilik (selain itu terkadang juga diutus untuk pidato atau “da’i cilik” huahhahaha! asal jangan deklamasi aja. halah halah, nad…nad… masa lalu… masa lalu… wakakakkak O(≧∇≦)O), bolehlah kubilang bahwa penilaianku tidak mengada-ada. Bahkan, kesan yang tertancap sehabis mendengarkannya sama seperti yang kurasakan setelah pertama kali aku mendengarkan pidato Bung Karno dalam hidupku, tentang Negeri Utara Kuru.
Alhamdulillaah.

Setiap kali berkesempatan menyaksikan “tunas-tunas muda” nan bermekaran, sungguh bahagia, sungguh mengharukan. *^^* Konsisten ya Ilham! d(-_^)good!!

Sekadar saran nih, coba ciptakan cerita sendiri yuk! Sedikit ‘original’ mau kan? Lagian ga ada salahnya juga. Mungkin awalnya terkesan sulit, kurang kerjaan, dll. Tapi, kalau ditekuni, ternyata rasanya mengasyikkan juga lho. Dan, hasil jangka panjangnya: kita belajar jadi anak yang kreatif! Pendengar pun jadi tidak cepat bosan karena ‘stok’ cerita tidak itu-itu saja. Ada kejutan yang tak bisa diduga-duga. Semangat ya!
p(^^)q !!!

~~~

Oke, sekarang Ayat of the Day. Selain Al Qur’an (terjemahan HB Jassin. oohhh, lama sekali aku tak membacanya! wahhhh piye ^_^;> hiks), hari ini aku juga memulai baca “30 Sajian Ruhani” karya Nurcholish Madjid, terbitan Mizan 1998. Iseng aja ngambil buku ini. Kan formatnya renungan harian. Jadi, salah satu ayat (yang paling random) diambil dari buku ini.

Oke, tanpa terlalu banyak cingcong lagi, ini dia Ayat of the Day

Orang-orang Badui itu berkata, “Kami telah beriman.” Katakanlah (kepada mereka), “Kamu belum beriman, tetapi katakanlah ‘Kami telah Islam.’ Karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu dan jika kamu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia tidak akan mengurangi sedikit pun amalmu; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

(Al Hujuraat [49]: 14)

Bagaimana kamu mengingkari Allah,
Sedangkan kamu (tadinya) mati,
Lalu Ia hidupkan,
Kemudian Ia matikan,
Kemudian Ia hidupkan (kembali),
Kemudian kepada-Nya kamu
dikembalikan?
(Al Baqarah [2]: 28)

Read and post comments

|

Send to a friend

Advertisements

Author: nadya

on-going tensions between ready-made values and uncharted territory

One thought

Share your thoughts

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s